Translate

Rabu, 20 Agustus 2014

manfaat jogging

Memang banyak manfat jogging pagi hari bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka panjang. Olahraga ringan dengan lari-lari kecil atau jogging sangat bermanfaat untuk menambah kesegaran badan sehingga akan lebih fresh dan siap menghadapai aktifitas selanjutnya dan juga dapat memberikan berbagai manfaat positif untuk kesehatan ,baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Jogging adalah olahraga mudah dan murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja (disarankan pagi hari). Jogging paling baik dilakukan pada saat menjelang matahari terbit sampai munculnya matahari pagi sehingga badan kita akan terkena sinar hangatnya, secara tidak langsung kita juga akan mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari.
Olahraga jogging tidak harus dilakukan di tempat khusus, bisa saja anda melakukan manfaat jogging sore hari atau jogging disekitar lingkungan rumah yang sepi dan memiliki nuansa alam yang sejuk. Lamanya waktu jogging juga tidak harus dalam jumlah tertentu, apabila badan kita sudah berkeringat kita bisa saja menghentikan aktifitas jogging.
Berikut ini beberapa manfaat jogging untuk tubuh yang dapat kita rasakan secara umum:
1. Meningkatkan kekebalan tubuh, ini penting agar kita tidak mudah terserang penyakit ringan seperti flu misalnya.
2. Menjaga kesegaran badan, dengan melakukan jogging rutin maka badan kita senantiasa segar dan siap menjalani aktifitas.
3. Menjaga berat badan, dengan melakukan jogging maka kita akan terhindar dari kelebihan berat badan dan postur tubuh kita tetap ideal.
4. Menjaga jantung sehat, dengan rutin berolahraga maka kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.
banyak bukan manfaat jogging bagi kesehatan tubuh? Tunggu apalagi mari kita biasakan melakukan olaraga ringan ini untuk menjaga badan tetap bugar dan siap beraktifitas.
Para peneliti telah mendeklarasikan, olahraga lari adalah salah satu cara untuk tetap awet muda. “Dan dari berbagai olahraga kardio yang ada, olahraga lari telah dinobatkan sebagai olahraga yang dapat membuat tubuh prima serta tetap awet muda,” (JoAnn Manson, MD., kepala di divisi pencegahan pada rumah sakit Brigham and Women’s.
Berikut adalah beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan fisik dan mental :
1.Menajamkan Mata: Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.
2.Menjaga Kesehatan Jantung: Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.
3.Mendongkrak Gairah: Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.
4.Menguatkan Tulang: Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.
5.Lancar Berfikir: Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.
6.Terbebas dari Dimensia: Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.
7.Tidur Lebih Lelap: Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.
8.Jarang Terkena Flu: Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.
9.Bernafas Lebih Lega: Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.
10.Panjang Umur: Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.
11.Memperlancar peredaran darah
12.Kaki akan tampak lebih atletis , wajah semakin tampak cerah dan kulit lebih sehat .
Itu dia manfaat lari pagi yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah oleh para ahli. Mulailah kebiasaan baik ini dari hal yang kecil untuk mendapatkan manfaat yang besar.
Pemanasan dan peregangan. Saat sebelum memulai olahraga seperti berlari ataupun jogging disarankan untuk melakukan pemanasan dan lakukan pemanasan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan penuh, jangan pula berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan, baru kemudian Anda berhenti. Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan agar otot Anda tidak shock dengan tekanan mendadak. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas setelah berolahraga.
Perhatikan track jogging dengan baik. Pastikan Anda memperhatikan rute dan kondisi track jogging agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lainnya. Disarankan jauhkan diri dari tanjakan yang curam, permukaan berbatu, atau yang memiliki banyak hambatan seperti lalu lalang kendaraan dan lainnya. Anda juga bisa memilih medan yang menantang. Karena merupakan sesuatu yang mengasikan olahraga sekaligus melatih adrenalin, tetapi Anda hanya akan merugikan diri sendiri jika Anda tidak terampil dalam hal itu. Ketika Anda jogging atau berlari di medan yang berbukit, lutut kaki dan sendi kaki mendapatkan tekanan yang besar, maka dari itu, Anda harus memulai kegiatan ini dengan berjalan medan datar baru kemudian menambahkan bobot tekanan pada latihan Anda.

Alas Kaki Yang Tepat. Ketika Anda berolahraga ringan seperti berlari atau jogging, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah alas kaki yang Anda kenakan. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki atletik yang elastis. Idealnya, gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda, dan gantilah sepatu Anda bila sudah mulai rusak. Cobalah menemukan sepatu yang terbaik untuk mencegah risiko yang umum terjadi saat berlari dan jogging jika Anda tidak mengenakan sepatu yang tepat adalah keseleo, cedera lutut, dan lecet. Jadi ketika jogging, pastikan sepatu Anda telah terpasang dengan benar.
Jadi, Sekarang Anda sudah tahukan apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan latihan kardio yang hebat ini agar Anda bisa dapatkan manfaatnya dengan optimal. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar